Selasa, 10 Oktober 2017

Lalat Derek (Crane Flies)



Apakah Anda pernah melihat binatang seperti nyamuk dengan kaki panjang di air. Binatang itu biasanya akan mengayun-ayunkan tubuhnya ke atas-bawah? Nah, ini dinamakan lalat derek, atau orang inggris bilang Crane Flies. Maka, binatang ini jelas bukan nyamuk, meskipun sepintas seperti nyamuk. Di Amerika, binatang ini dinamakan Daddy-Longlegs, karena kakinya yang pannnnjang.

Toksonomi:
  • Familiy: Tipulidae
  • Subordo: Nematocera
  • Ordo: Diptera
  • Class: Insekta
  • Subphilum: Hexapoda

Bentuk:
Seperti pada umumnya serangga, kakinya berjumlah enam dan panjang. Tubuhnya ramping dengan panjang 8 mm sampai 5 cm dan sayap berwarna jernih atau sedikit bernoktah. Tidak mempunyai ocelli (mata sederhana), namun memiliki moncong yang jelas keluar dari kepalanya.

Kebiasaan:
Pejantan akan berlindung dibawah sinar ketika hari siang jika tidak sedang makan bunga-bunga. Betina akan meletakkan telurnya pada tanah, air atau batang tanaman yang telah mati. Pada beberapa spesies, serangga ini sering mengayun-ayunkan tubuhnya jika merasa terganggu.

Perkembangbiakan:
Pejantan dan betina biasanya datang di rawa-rawa tempat kawin atau pejantan sendiri yang aktif mencari betina. Telur akan diletakkan di tanah, air batang tanaman mati.

Makanan:
Crane Flies dewasa akan makan air dan nektar, sedangkan larvanya memakan tanaman, alga, batang tanaman mati dan terkadang makan larva serangga lain.

Daerah Penyebaran:
Tempat hidup Crane Flies  tersebar di seluruh dunia, terutama daerah tropis lembab.

Lalat Derek (Crane Flies) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.