Rabu, 06 Maret 2013

Kepik


KerajaanAnimalia
FilumArthropoda
KelasInsekta
OrdoHemiptera

Kepik adalah adalah ordo Hemiptera yang menarik. Badannya berwarna-warni. Anak-anak sering mengambilnya dan menjadikannya mainan. Ordo Hemiptera meliputi 80.000 spesies, Nama Hemiptera diambil dari bahasa Yunani. Hemi berarti setengah, sedangkan Ptera berarti sayap. Nama ini dikenakan bukan tanpa alasan. Bagian depan sayapnya memang keras, sedangkan bagian belakangnya tipis mirip membran. Tersebar di seluruh dunia, kecuali di daerah yang terlalu dingin, seperti kutub utara.

Anatomi
Mempunyai mulut berbentuk jarum. Bagian sayap depan keras, tetapi bagian belakang tipis seperti membran.


Makanan:
Hemiptera adalah omnivora yang mendapatkan makanan dengan menusukkan struktur mulut serupa jarum ke makan dan menghisap cairan di dalamnya. Makanannya mulai dari tumbuh-tumbuhan, biji-bijian, serangga dan hewan kecil lainnya.

Reproduksi:
Kepik mengalami metamorfosis tidak sempurna. Anak dari ordo ini serupa dengan induknya setelah menetas. Hanya saja dia tidak mempunyai sayap. Saat akan kawin, Kepik akan berusaha mencari koloni Aphid (kutu putih) dengan harapan larvanya tidak kekurangan makanan.

Pejantan mempunyai alat kelamin disebut Aedagus. Kelamin ini hanya dapat dipergunakan pada kepik jenisnya.

Untuk menetas, dibutuhkan waktu 3 s.d. 5 hari. Segera setelah menetas, larva-larva tersebut akan langsung memakan kutu-kutu putih untuk keperluan metamorfosis. Umumnya larva kecil ini sanggup memakan kutu putih sampai 25 ekor per hari. Pada haru ke-24. Larva kecil tersebut menjadi larva dewasa dengan warna hitam strip oranye. Pada tingkat dewasa ini, larva-larva tersebut sanggup memakan 50 kutu putih tiap hari.

Kepik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.